Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,Momentum Kebangkitan

 

Bintuni,sorotpapua.net – 1 Oktober yang ditetapkan pemerintah sebagai Hari Kesaktian Pancasila ,tidak terlepas dari peristiwa kudeta yang gagal dilancarkan oleh Partai Komunis Indonesia(PKI)atau lebih dikenal dengan Gerakan 30 September 1965.Pada peristiwa G30S PKI tersebut enam Jenderal dan Satu TNI AD dibunuh,maka untuk mengenang peristiwa tersebut,setiap tanggal 1 Oktober dilakukan upacara peringatan.

Senin(2/10/2023) dihalaman kantor Bupati Kabupaten Teluk Bintuni dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop,S.H,sementara peserta yang hadir pada upacara Hari Kesaktian Pancasila kurang lebih 100 orang.

Hari kesaktian Pancasila dimaknai dan telah disepakati bersama bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dan tidak tergantikan sampai kapanpun.

Penetapan Hari Kesaaktian Pancasila tidak terlepas dari perjuangan panjang NKRI untuk meraih kemerdekaan melawan para penjajah,baik dari luar maupun dari dalam bangsa Indonesia sendiri.

Perlu dipahami bahwa,memperingati Hari Kesaktian Pancasila merupakan kewajiban semua bangsa Indonesia termasuk masyarakat Teluk Bintuni.Karena mempertahankan Pancasila merupakan ujian yang sangat berat,dimana pada saat itu digangu oleh golongan yang anti terhadap prinsip falsafah Pancasila.Namun bangsa Indonesia bisa mempertahankan sehingga akhirnya diakui sebagai Dasar Negara Indonesia(pw)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *