Dukcapil Teluk Bintuni Sosialisasi IKD

 

Bintuni,sorotpapua.net – Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Gedung Sasana Karya SP 3 Distrik Manimeri belum lama ini

Kegiatan sosialisasi IKD tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Matret Kokop SH, dihadiri

Kepada wartawan,Kepala Dinas Dukcapil, Fredrik Paduai, S.Sos, menjelaskan bahwa, Identitas Kependudukan Digital (IKD) mulai diterapkan di Teluk Bintuni dan bisa mendownload di PlayStore.

“Segala bentuk dokumen kependudukan sekarang sudah berbentuk digital, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Panduduk (KTP), Akta Kelahiran dan lainnya ,” katanya

Jdi  tujuan dari diterapkannya Identitas Kependudukan Digital ini untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Paduai menjelaskan bahwa tujuan penerapan IKD adalah untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Pada tahun ini, IKD telah diterapkan, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai swasta yang sering berkegiatan di luar daerah

“Meskipun memiliki KTP fisik, masyarakat diwajibkan memiliki Identitas Kependudukan Digital di aplikasi yang sudah disediakan. Hal ini memudahkan dalam situasi ketika KTP fisik tidak terbawa,” kata Paduai.

“Inovasi ini dari Dirjen Dukcapil diharapkan dapat mengurangi kesulitan masyarakat saat ingin melakukan perubahan data,” tutur Paduai. Ia juga menambahkan bahwa petugas Dukcapil akan memberikan bantuan langsung untuk mengaktifkan aplikasi kepada masyarakat.

Dalam upaya mendukung masyarakat, Paduai menyatakan bahwa pihaknya akan turun langsung ke lapangan untuk menyelenggarakan sosialisasi dan perekaman data.

“Melalui peluncuran dan implementasi IKD ini, kami berharap Dukcapil dapat menyajikan data kependudukan yang akurat dan berguna bagi masyarakat Teluk Bintuni,” tutup Fredrik Paduawai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *