Panitia Layangkan Surat Izin Rayakan HUT Pattimura ke LMA 7 Suku

 

Bintuni,sorotpapua.net -Peribahasa “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tinggi,” yang artinya, seseorang ataupun kelompok sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat ia hidup atau tinggal.

Menyadari akan pribahasa tersebut,maka Panitia HUT Pattimura ke 207 melayangkan surat izin merayakan perayaan hari jadi Patimura ke Lembaga Masyarakat Adat 7 Suku di Kabupaten Teluk Bintuni.

Ketua Panitia HUT Pattimura,Toton Tutkei mengatakan jika kita tinggal di negeri orang,maka harus menghargai mereka.Makanya hari ini kami mengirim surat izin merayakan HUT Patimura kepada LMA 7 Suku.Panitia juga mengundang LMA untuk menghadiri HUT Patimura

Selain surat izin ke LMA,kami juga telah layangkan surat izin keramaian kepada pihak Kepolisian .

“Kepada LMA dan seluruh masyarakat 7 suku,Papua serta non Papua mohon izin kami melaksanakan HUT Patimura.Karena dalam perarakan obor Patimura dari kilometer 6 sampai GSG diiringi dengan tarian cakalele,nah dalam tarian cakalele disertai dengan mengiris badan mengunakan parang,maka sekali lagi kami keluarga besar Maluku mohon maaf,karena itu bukan menunjukan kesombongan kami atau maksud lain tapi itu hanya rangkaian dari prosesi adat mengantar obor Patimura”ujar Toton.

Lebih lanjut,menurut bung Toton,untuk perayaan HUT Patimura dimulai pukul 6.30 pagi diawali dengan prosesi pembuatan api dan pembakaran obor.

Setelah obor dibakar lalu diserahkan kepada Kepala Distrik,kemudian Kepala Distrik menyerahkan kepada group estafet.

Setelah obor dibawah sampai di GSG oleh regu estafet,maka diserahkan ke Ketua Ikemal Teluk Bintuni,Gustaf Manuputy.Kemudian Gustaf Manuputy menyerahkan obor kepada Wakil Bupati selanjutnya Wakil Bupati membakar obor induk yang sudah disiapkan di lapangan.

Kemudian menurut bung Toton,akan dilanjutkan dengan acara HUT Patimura ke 207 dan tarian tarian dari Maluku dan Papua”

“Jadi setelah selesai acara HUT,kami akan melanjutkan dengan makan Patita bersama”

Selanjutnya pukul 7.30 sampai pukul 11 malam akan dilangsungkan syukuran.Dalam syukuran nanti kita akan dihibur oleh penyanyi dari Maluku Pieter Sapuruane.

Sekali lagi kami keluarga besar Maluku mohon izin kepada seluruh masyarakat adat 7 suku Papua dan non Papua terkait perayaan HUT Patimura sekaligus dengan rangkaian adat seperti cakalele,pembakaran obor dan lain lain.

Akhirnya,pada momen hari Patimura ke 207 ini,kita tingkatkan kebersamaan dalam menunjang atau membantu pemerintah demi kemajuan pembangunan di kabupaten Teluk Bintuni.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang sudah membantu panitia untuk menyukseskan kegiatan ini.

Pada kesempatan ini,saya mengundang dan berharap kepada seluruh masyarakat Maluku di Kabupaten Teluk Bintuni untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan HUT Patimura”harap bung Toton(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *