Kontingen PWI Papua Barat Siap Ikuti Porwanas XIV di Kalsel

 

Manokwari,sorotpapua.net – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024 di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, telah di depan mata.

Berbagai kesiapan terus di genjot oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, melalui Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) PWI Papua Barat ditengah keterbatasan yang ada.

Ketua SIWO PWI Papua Barat, Adrian Kairupan, melalui sekretaris Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) PWI Papua Barat Wahyu.C. Hendrawan, mengatakan, sebulan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat terus mempersiapkan diri.

Berbagai kesiapan sudah dimatangkan untuk membidik peluang prestasi meraih medali dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang berfokus pada pembinaan atlit dan silaturahmi wartawan dalam organisasi PWI se-Indonesia tersebut.

“Pada prinsipnya persiapan-persiapan dari beberapa cabang olahraga sudah dilakukan untuk tampil di Porwanas. Kami menargetkan bisa meraih prestasi maksimal di Kalimantan Selatan,”Ucap Wahyu C. Hendrawan, dalam momentum dialog interaktif di Radio Republik Indonesia (RRI) Manokwari, Papua Barat, pada Selasa (2/7/2024).

Kata Wahyu, bahwa sejumlah cabang olahraga (cabor) memiliki potensi untuk kontingen papua barat bisa mendulang medali. Ini seperti pada cabor atletik 10 Km, bilyard, domino, catur, fotografi dan juga futsal.

“Persiapan yang dilakukan tentunya dilakukan oleh masing-masing cabor. Untuk olahraga beregu dilakukan bersama namun kususnya untuk olahraga perorangan dilakukan secara mandiri maupun bersama komunitas-komunitas olahraga,”Sambungnya.

Sementara itu, Ketua PWI Papua Barat, Bustam melalui serekretaris PWI Papua Barat, Jems Aisoki, berharap dukungan dari seluruh stakeholders di Papua Barat.

“Kami tampil di Porwanas yang ke XIV tahun 2024 ini membawa nama Papua Barat. Sehingga kami berharap, mari semua pihak untuk bisa bersama-sama mendukung keikutsertaan PWI Papua Barat agar dapat membawa prestasi untuk daerah,”ungkap Jems.

Disampaikannya juga, melalui ajang Porwanas juga menjadi ajang promosi daerah, melalui olahraga di tingkat nasional dan bahkan internasional bisa lebih dikenal dari berbagai profesi dan organisasi yang terlibat didalamnya.

“Melalui Porwanas juga menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi yang ada didaerah serta bukti eksistensi organisasi,”Tukasnya.

Terpisah, Ketua SIWO Papua Barat, Adrian Kairupan juga mengapresiasi setiap kesiapan para atlit dari tiap cabor yang ada, meski ditengah keterbatasan tetapi terus berlatih secara giat dengan swadaya mandiri.

“Saya apresiasi rekan – rekan wartawan yang masuk dalam daftar sebagai atlit dari berbagai cabor yang terus fokus berlatih dan menyampaikan progresnya kepada kami seksi SIWO, meski dengan swadaya anggaran mandiri. Seperti Futsal, Billiard, Domino dam Catur, yang terus berfokus untuk memantapkan persiapan,”Ucap Adrian Kairupan.

“Kami juga di kesempatan ini membutuhkan partisipasi sponsor dari kemitraan dan juga dukungan Pemerintah Daerah, karena kami membawa nama kontingen Papua Barat, bukan daerah lain, dan tentu teman – teman wartawan yang terlibat adalah mereka yang ingin berprestasi mendukung peningkatan olahraga di Papua Barat,”Sambungnya menambahkan.

Sekedar diketahui, bahwa Porwanas ke XIV akan di laksanakan menetapkan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah, yang digelar pada 19-23 Agustus 2024 mendatang, dengan mempertandingkan setidaknya 13 cabang olahraga, dengan berbagai nomor tanding termasuk fotografi, karya tulis dan lomba karaoke bagi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *