PWI dan Polres Teluk Bintuni Ikuti Diskusi Publik Kemerdekaan Pers Secara Daring Dari Mabes Polri

Bintuni,Sorotpapua.net – Polres Teluk Bintuni dan Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Teluk Bintuni(PWI)mengikuti dialog Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis,Rabu(31/5/2023).

Dialog public tersebut diselenggarakan oleh Mabess Polri melalui Divisi Humas Mabes Polri Republik Indonesia.Dialog melibatkan seluruh Polda di Indonesia dan Organisasi Pers seperti PWI,AJI.IJTI,Pewarta Foto Indonesia dan Wartawan Polda

Dialog menghadirkan empat narasumber yaitu,Anggota Dewan Pers,Toto Suryanto,Praktisi Pers,Devie Rahmawati.Sementara perwakilan Bareskrim Polri yakni,Kombes Pol.Basuki Efendi dan Kombes Pol,Adi Pradika Saputra sedangkan moderator dipandu oleh Stefani Ginting.

Anggota Dewan Pers,Totok Suryanto dalam diialog tersebut mengatakan ancaman fisik masih saja terjadi sehingga ini masih menjadi tantangan bagi Jurnalis

Akan tetapi,Justru saat ini ancaman nonfisik terus berdatangan menimpa jurnalis,walaupun ancaman fisik tersebut menjadi kecenderungan.Sedangkan ancaman terbaru terhadap pers ialah pelemahan idealisme.

Sedangkan Pakar Komunikasi,Devie Rahmawati menegaskan,Pers di Indonesia  masih di percaya.Namun karena  banyaknya informasi sehingga masyarakat tidak lagi mampu menilai mana informasi yang palsu dan benar.

“Dalam era saat ini sangat sulit membedakan antara fakta dan mana yang asumsi “katanya.

Sementara Karo PID Divisi Humas Polri,Brigjen Pol.Hendra Suhartiyono mengatakan,diskusi ini untuk memberikan jaminan terhadap kebebasan Pers,seperti perlindungan hukum bagi jurnalis.Sementara kasus kekerasan terhadap wartawan dikategori mengkhawatirkan.

Nah,dari data Aliansi Jurnalis Indonesia(AI)kekerasan terhadap pers per-tahun di atas 40 kasus.Dan sebagaian besar saat wartawan melakukan peliputan atau paska karya jurnalisnya diterbitkan”tutup Hendra Suhartiyono.

Diskusi Publik Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis yang diikuti oleh PWI dan Polres Teluk Bintuni secara daring dihadiri oleh Ketua PWI Teluk Bintuni,Fideles Wiran,Ketua Dewan Kehormatan,Anton Sibarani.Sedangkan Kapolres Teluk Bintuni,AKBP.Junov Sirega..S.H,S.IK,M.KP berhalangan hadir sehingga diwakilkan oleh Kanit IV Satreskrim,IPDA Alimuddin Duma,Kasi Humas,IPDA Tegu Aji Nugroho dan Ps.Kasinsibanhum Sikum,AIPTU,Barry(pw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *