Inilah Pesan Deni Dorinus Airory Saat Melantik 351 Anggota PPS

 

Bintuni,sorotpapua.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni melantik sebanyak 351 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Aula KPU Teluk Bintuni di Tisai Distrik Bintuni Timu,Minggu(26/5/2024.

Pelantikan anggota PPS tersebut untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada kabupaten Teluk Bintuni tahun 2024.
Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji di seluruh Indonesia secara serentak pada tanggal 26 Mei 2024 termasuk kabupaten Teluk Bintuni dilantik sebayak 351 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pelantikan anggota PPS di kabupaten Teluk Bintuni dilakukan selama 3 hari yaitu dari tanggal 26, 27 dan 28 Mei 2024 disebabkan anggota KPU yang terbatas yang hanya dilakukan oleh 2 komisioner KPU yaitu Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara Deni Dorinus Airory dan Devisi Perencanaan Data dan Informasi Ansyar.
Sedangkan komisioner lainnya yaitu Ketua KPU Teluk Bintuni Muh. M. Memed Alfajri dam Eko Priyo Utomo selaku Divisi Hukum dan Pengawasan berada di Jakarta untuk menghadiri Perselisihan Pemilu Legislatif di MK.

Hari pertama pelantikan serta pengambilan sumpah janji dilakukan di Aula KPU Teluk Bintuni kepada 108 anggota PPS yang meliputi 6 (enam) distrik yaitu Distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Dataran Beimes, Moskona Timur, Muskona Utara serta Distrik Moskona Barat.
Dimana kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu dilakukan oleh Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara Deni Dorinus Airory atas nama Ketua KPU Kabupaten Teluk Bintuni.

Plh Ketua KPU Teluk Bintuni Deni Dorinus Airory yang kesehariannya juga adalah Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara dalam awal sambutannya mengajak undangan yang hadir serta anggota PPS yang dilantik serta diambil sumpah dan janjinya untuk memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan tentunya dilaksanakan serentak di Provinsi Papua Barat.

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji PPS tidak semata mata kita laksanakan namun ini merupakan perintah dari Undang-Undang Pemilu dimana perlu mengeluarkan surat keputusan guna melantik bagi anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi.

Pelantikan PPS ini merupakan pelantikan PPS yang ada di seluruh kabupaten Teluk Bintuni. Jumlah TPS pada Pilkada Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2024  berjumlah 117 TPS.
Dimana dalam satu TPS terdapat 3 orang PPS oleh karena itu jumlah PPS se kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 351 orang.

Sedangkan untuk PPS yang belum dilantik oleh KPU Teluk Bintuni hari ini, kami akan melaksanakan pelantikan langsung di distrik-distrik.
Hal ini kami lakukan mengingat besarnya biaya jika semua PPS dihadirkan di Aula KPU,” ungkap Deni.

Denis Airory juga menjelaskan bahwa melalui beberapa tahapan dari mulai pendaftaran hingga tes tertulis dan wawancara calon anggota PPS sampai pada titik akhir pengumuman dan dinyatakan lolos sebagai anggota PPS saya yakin kalian adalah orang terbaik.

“Petugas PPS merupakan bagian ujung tombak kedua dari KPU setelah PPD yang mana dalam melaksanakan tugas nantinya kami harapkan para PPS dapat bersinergi dengan baik pada masyarakat dan penyelenggara KPU lainnya.
Oleh karna itu, melalui kesempatan ini kami tekankan pada PPS agar bekerja dengan jujur dan adil, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024  di kabupaten Teluk Bintuni berjalan dengan adil dan sukses,” ujar Airory.

Atas nama Ketua KPU Teluk Bintuni, Deni Airory juga mengatakan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggota PPS Distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Dataran Beimes, Moskona Timur dan Moskona Utara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak Tahun 2024 ini merupakan langkah awal kalian bekerja yang pada dasarnya data pemilih yang kalian susun tentunya harus valid dan dapat dipertanggung jawabkan serta dapat disuguhkan dalam menunjang Pemilukada tahun 2024,” papar Airory.

Acara Pelantikan dan Pengambilan dan Sumpah janji dihadiri Ketua Bawaslu Teluk Bintuni Sopiah Tokomandoran, Divisi Sosdikli Parmas SDM dan Tehnis Penyelenggara KPU Teluk Bintuni Denis Dorinus Aerory, Sekretaris KPU Teluk Bintuni Syahid Bin Muzaat.
Hadir juga Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Teluk Bintuni Ali Kwaikamtelat, Sekertaris Disdukcapil Teluk Bintuni Mulbianto.
Serta para rohaniawan agama Islam, Kristen Protestan dan Kristen Katolik.
Dan seluruh anggota PPD Distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Dataran Beimes, Moskona Timur serta Muskona Utara. Serta para staf KPUD Kabupaten Teluk Bintuni.

Pantauan media ini, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS sebelumnya dilaksanakan menyanyikan Indonesia Raya. Kemudian pembacaan Surat Keputusan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota PPS Distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Dataran Beimes, Moskona Timur dan Moskona Utara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak Tahun 2024 oleh Sekretaris KPU Teluk Bintuni Syahid Bin Muzaat.

Selanjutnya dilakukan Pengambilan Sumpah Janji kepada 108 anggota PPS oleh Denis Aerory Divisi Sosdikli atas nama Ketua KPU Teluk Bintuni.
Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara Pengambilan Sumpah Janji kepada 108 Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekaligus pembacaan fakta integritas oleh perwakilan anggota PPS pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak Tahun 2024.

Setelah itu dilakukan penandatanganan fakta integritas oleh Denis Dorinus Aerory dan perwakilan dari anggota PPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *